Dramatis! Tukang Becak di Desa Jungjang Jadi Pemenang Pemilihan Kuwu

Dramatis! Tukang Becak di Desa Jungjang Jadi Pemenang Pemilihan Kuwu

CIREBON – Pemilihan Kuwu (Pilwu) di Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon menyajikan cerita menarik. Tukang becak, Kasmin berhasil jadi peraih suara terbanyak.

Adapun pemilihan dilaksanakan, Minggu (21/11/2021).  Setelah hasil penghitungan suara diperoleh, pria 49 tahun itu langsung menghilang. Bahkan tim suksesnya pun tak ada yang tahu.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Biarin istirahat dulu lah,” ungkap kakak sepupu kuwu terpilih itu, Surtoni, saat dihubungi Radar Cirebon, kemarin.

Surtoni mengistilahkan Kasmin sedang dipingit. Layaknya calon pengantin yang akan melangsungkan akad.

Pesta demokrasi tingkat desa itu berlanjut hingga malam hari bagi yang menang. Sementara istri dan anak-anak Kasmin tetap di rumah kontrakan mereka. Yang biaya sewa per bulannya Rp400 ribu itu.

Istri Kasmin, Sumiyati, irit bicara saat ditemui Radar Cirebon kemarin malam (21/11). Hanya menjawab “senang” ketika ditanya bagaimana perasaan ketika Kasmin terpilih sebagai orang nomor satu di Jungjang.

Selain keluarga, tadi malam juga ditemani teman-teman ngebecak Kasmin. Mereka juga antusias mengetahui rencana monumen becak di depan kantor desa itu.

Mereka berharap Kasmin menjadi pemimpin yang amanah. Peduli terhadap rakyat kecil. Serta memperjuangkan hak-hak mereka.

Kemenangan Kasmin di pilwu ini membuktikan bahwa uang bukan segalanya. Bahkan mereka justru banyak menerima bantuan dari tetangga dan masyarakat sekitar Jungjang.

Ekonomi Kasmin dan keluarga terbilang pas-pasan. Dia tidak punya motor. Hanya punya becak. Dan begitu sulit untuk menghubungi Kasmin secara daring. Bukan karena dia sombong. Tapi karena memang tak punya handphone.

Selain ngebecak, Kasmin juga sering memenuhi permintaan untuk jadi kuli panggul sayuran di Pasar Desa Jungjang. (ade)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: